Digital Marketing

Dasar-Dasar Digital Marketing Yang Penting Diketahui!

on
December 18, 2021
dasar-dasar digital marketing

Dasar-Dasar Digital Marketing – Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Digital Marketing adalah suatu kegiatan bagaimana kita memasarkan produk atau brand kita di media digital, media sosial atau internet.

Menurut Wikipedia, Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Tujuan dari Digital Marketing adalah untuk menarik konsumen atau pelanggan agar tertarik membeli atau memiliki produk yang kita tawarkan. Dengan adanya Digital Marketing ini, perusahaan dan pemilik usaha harus kreatif dan berlomba-lomba dalam memasarkan produknya di internet dengan menarik, yaitu bagaimana cara membuat konten yang baik, video yang membuat orang penasaran, dan lain sebagainya.

Ada dasar-dasar Digital Marketing yang harus diketahui. Apa saja itu? Mari kita simak beberapa poin di bawah ini.

  1. Siapa Audience atau Target Pelanggan Anda?

Hal pertama yang penting dimiliki oleh pemilik usaha adalah dia harus tau siapa audience atau target pelanggannya. Dengan mengetahui audiece, sehingga pemilik usaha bisa menempatkan diri atau menyesuaikan produk yang ditawarkan sesuai dengan kriteria audience.

Penting untuk benar-benar dicatat dan di-detail-kan mengenai audience ini, mulai dari usia, tempat tinggal, hobi, keuangannya bagaimana, kebiasaannya, minat, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya data audience, kita bisa melakukan riset mengenai apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan terhadap produk kita.

2. Dimana Audience Anda Biasanya Mencari Barang?

Setelah kita memiliki beberapa data mengenai audience, selanjutnya kita harus mengetahui di mana audience tersebut biasa mencari barang? Di sosial media? Di marketplace? Intinya adalah di manapun mereka berada, maka usaha atau brand kita juga harus ada di situ. Apabila kita tidak ada di pandangan audience, maka produk kita sama sekali tidak akan dilirik audience. Maka penting bagi pemilik usaha, untuk tidak hanya berjualan di offline saja, tetapi juga berjualan di online.

Banyak platform media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk menawarkan barang, seperti Facebook, Instagram, WhatsApp. Juga banyak platform marketplace yang tersedia saat ini seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll. Pemilik usaha akan dikatakan ketinggalan apabila tidak menawarkan produknya di internet, karena sudah banyak dari pemilik usaha lainnya yang berlomba-lomba menyajikan konten jualan yang terbaik untuk menarik pelanggan di internet.

3. Bagaimana Cara Anda Menjual Produk?

Setelah para pelanggan melihat produk kita di media sosial atau marketplace, hal yang penting selanjutnya adalah bagaimana cara kita mampu mempengaruhi pelanggan untuk membeli atau memiliki produk kita. Sekarang tugas kita meyakinkan, seni melayani ini juga perlu dipelajari dengan baik, mulai dari bagaimana tutur kata saat menawarkan produk. “Produk ini bagus lho pak, produk ini pasti sangat bapak butuhkan” Misalnya.

4. Lakukan Evaluasi, Mengukur dan Mengoptimalkan

Tahap terakhir ini biasanya dilupakan oleh seorang digital marketer, yaitu mengevaluasi ulang kekurangan-kekurangan pada 3 tahap sebelumnya. Kita harus teliti melihat dan mengamati 3 tahap sebelumnya, apakah ada masalah? Mengapa audience kurang tertarik dengan produk yang kita tawarkan? Sudah benarkah cara kita menulis copywriting yang baik dalam berjualan? Seiring dengan berjalannya waktu, pasar digital akan terus berubah, sehingga pemilik usaha juga harus beradaptasi dengan situasi lingkungan pasar.

Mari kita maksimalkan penggunaan media sosial, pasar digital ini dengan baik, agar usaha kita mampu naik kelas di era digital.

Itulah 4 elemen dasar dari Digital Marketing, antara 4 elemen tersebut saling berhubungan. Apabila hilang atau tidak sempurna satu elemen, maka produk kita akan tidak maksimal terjual di pasar digital. Silakan rekan-rekan terapkan dasar-dasar digital marketing ini, semoga bermanfaat dan bisa menaikkan kuantitas penjualan dari produk rekan-rekan sekalian. Mohon maaf apabila ada kekurangan, silakan tambahkan pada kolom komentar di bawah. Terima kasih, silakan dibagikan juga ke orang lain.

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh.

TAGS

LEAVE A COMMENT

Adam Suchi Hafizullah
Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan

Seorang pemuda yang berasal dari kota kecil Muara Enim sedang bergelut di bidang teknologi informasi untuk keluarga kecilnya.