Journey

Perjalanan Kuliah ke Tiongkok Bagian 1

on
September 28, 2019

Perjalanan Kuliah ke Tiongkok Bagian 1 – Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Halo teman-teman, dulur sanak keluargo semuanya. Perkenalkan nama saya Adam Suchi Hafizullah, dari kecil sampai sekarang biasa dipanggil Adam. Saya terlahir di sebuah kota kecil yang berada di provinsi Sumatera Selatan, nama kotanya adalah Muara Enim, Kabupaten Muara Enim. Dan baiklah teman-teman, seperti inilah perjalanan kuliah ke Tiongkok dimulai.

3 Mei 1996 merupakan hari bersejarah bagi saya, karena di hari itu saya lahir ke dunia ini. Sejak kecil saya tinggal di Dusun Muara Enim kampung 2, tetapi setelah orang tua saya memutuskan untuk pindah, maka saat saya duduk dibangku TK (TK Bhayangkari) akhirnya orang tua dan saya pindah ke Pelita Sari hingga sekarang. Oh ya, saya adalah alumni dari Sekolah Dasar Negeri 6 Muara Enim (2008), setelah menempuh jenjang sekolah dasar, saya pun melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri 4 Muara Enim.

Adam Suchi Hafizullah ketika kecil yang akan kuliah ke Tiongkok
Anak kecil yang besarkan akan kuliah ke Tiongkok, lucu kan? Hahaha

Masa-masa SMP merupakan masa yang terbilang cukup singkat dan berlalu sangat cepat bagi saya, ya… Mungkin karena tak banyak kegiatan atau organisasi yang diikuti saat itu, sehingga jenjang SMP berlalu begitu saja alias flat.

Akhirnya setelah lulus dari SMP (2011), sayapun memutuskan untuk melanjutkan jenjang Sekolah Menengah Kejuruan ke SMKN 1 Muara Enim. Kenapa? Alasannya karena saya menyukai dunia komputer dan teknologi sejak SMP kelas 2 lalu, hingga waktu itu saya mengetahui bahwa SMKN 1 Muara Enim ada jurusan komputernya, atau tepatnya adalah jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Saya sangat senang dan bersemangat sekali waktu itu, karena saya bisa masuk dan belajar jurusan yang memang saya minati.

Foto bersama guru SMKN 1 Muara Enim pada saat Lomba Keterampilan Siswa Tingkat Prov. Sumsel. Oh ya, saya sejak kelas 10 SMK sudah berkacamata. Ya teman-teman tahulah kenapa.
Foto bersama guru SMKN 1 Muara Enim pada saat Lomba Keterampilan Siswa Tingkat Prov. Sumsel. Oh ya, saya sejak kelas 10 SMK sudah berkacamata. Ya teman-teman tahulah kenapa.

Alhamdulillah, dunia SMK tak se-flat dunia SMP sebelumnya hehehe, karena saya banyak mengikuti kegiatan, ekstrakulikuler, dan organisasi di sekolah seperti OSIS, PASKIBRA, dsb. Di masa SMK, saya juga sering diajak untuk mengikuti beberapa kegiatan lomba di bidang komputer, dan Alhamdulillah Allah memberikan kesempatan untuk turut membawa nama baik sekolah saat itu.

Singkat cerita, atas izin Allah, sayapun berhasil melalui jenjang SMK di tahun 2014 dengan hasil yang cukup membanggakan bagi kedua orang tua dan diri sendiri. Tetapi sangat disayangkan saat itu, bahwa ketika saya ingin melanjutkan kuliah. Mau tau kenapa? Ya, mungkin ini juga dirasakan oleh kebanyakan siswa SMK lainnya. Yaitu saya tak berhasil lulus dalam SNMPTN di universitas yang saya tuju waktu itu. Entah kenapa, tetapi dengar-dengar memang waktu itu siswa SMA lebih diutamakan untuk lanjut kuliah, sedangkan siswa SMK fokusnya adalah kerja.

Setelah SNMPTN gagal, sayapun mengikuti ujian SBMPTN yang berlokasi di Universitas Sriwijaya, Bukit, Palembang. Tetapi, kembali saya kecewa terhadap diri sendiri yang tak terlalu menyukai Kimia dan Biologi, karena saya juga gagal di SBMPTN.

Pulanglah saya ke Muara Enim, dan memikirkan mau kuliah ke mana diri ini? Adalah pertanyaan yang sering saya tanyakan di benak pikiran. Sembari searching di internet mengenai kampus swasta yang akan membuka pendaftaran mahasiswa baru, saya juga banyak berkonsultasi dengan guru dan teman-teman tentang kampus mana yang harus saya tuju. Tibalah saya berada di dua pilihan kampus yang direkomendasikan oleh guru maupun teman, dan sayapun memutuskan untuk mendaftarkan diri saya di salah satu kampus swasta yang bernama Multi Data Palembang (MDP) saat itu. Karena menurut saya, kampus ini adalah pilihan terbaik untuk melanjutkan passion komputer saya.

Sayapun mengikuti ujian masuk kuliah sama seperti calon mahasiswa lainnya, dan ketika tiba waktu pengumuman, Alhamdulillah saya melihat bahwa ada nama Adam Suchi Hafizullah tertera pada pengumumuan lulus saat itu. Resmi sudah menjadi mahasiswa MDP dengan jenjang S1 jurusan Teknik Informatika, saya pun bersiap-siap untuk merantau walaupun hanya jarak kurang lebih 150 km dari Muara Enim ke Palembang.

Kartu Mahasiswa STMIK Multi Data Palembang
Kartu Mahasiswa STMIK Multi Data Palembang

Pertengahan tahun 2014, saya resmi menjadi anak kosan, yang waktu itu ngekos tepat di belakang kampus Multi Data Palembang dan juga Alhamdulillah berdekatan dengan masjid. Lingkungan kos-kosan saya waktu itu cukup elite, banyak orang-orang keturunan Tionghoa di sana.

Oh ya, teman-teman baca sampai di sini, bagaimana? Ngerasa ngga kalau belum ada sangkut pautnya dengan perjalanan kuliah ke Tiongkok? Hahaha, iya… Ceritanya baru akan dimulai. Insya Allah kita lanjut ke bagian ke 2 ya!

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Adam Suchi Hafizullah
Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan

Seorang pemuda yang berasal dari kota kecil Muara Enim sedang bergelut di bidang teknologi informasi untuk keluarga kecilnya.